Senin, 28 Januari 2013

Cara Diet Sehat Saat Hamil



Selama hamil, anda harus menjaga asupan makanan, mulai dari pemilihan bahan makanan yang berkualitas, jumlah asupan sudah disesuaikan dengna kebutuhan gizi anda sampai pada kebersihan makanan yang akan anda konsumsi. Berikut ini beberapa zat gizi penting yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama dan tidak selalu identik dengan nasi. Beras (nasi) hanya salah satu diantara sekian banyak makanan berkarbohidrat. Selain dari makanan pokok (nasi) pilihlah bahan makanan sumber karbohidrat yang juga mengandung vitamin dan mineral seperti nasi beras merah, roti gandum, sayuran hijau, buah buahan, sereal, oatmeal dan sebagainya. Selain kaya mineral dan vitamin, makanan tersebut mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

2. Protein
Makanan sumber protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil mendapatkan ekstra protein sebanyak 71 gram dalam sehari. Anda bisa mendapatkan protein dari ikan, daging ayam, daging sapi, seafood, telur, kedelai, dan susu.

Perbanyak memilih sumber protein dari ikan laut, karena banyak mengandung lemak baik, seperti omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak calon bayi anda.

3. Mineral
Selama hamil mineral penting yang dibutuhkan adalah kalsium, fosfor, zat besi, yodium, sodium, dan magnesium. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang calon bayi selama ada dalam kandungan. Kebutuhan kalsium sehari lebih kurang 1000 miligram. Sumber makanan berkalsium contohnya: susu, sayuran hijau, almond, yogurt dan produk susu lainnya.

4. Vitamin
Vitamin mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Vitamin yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat, vitamin B6, C, A, D, E dan K. Asam folat membantu pertumbuhan plasenta yang menghubungkan janin dengan ibu, membantu produksi sel-sel darah merah dan membantu perkembangan otak janin anda.

Menjadi gemuk karena berat badan bertambah saat hamil, bukanlah suatu hal yang buruk dan menakutkan. Karena setelah melahirkan, badan bisa kembali normal dengan melakukan program menyusui.

Selain itu, anda juga bisa melakukan program diet setelah anda selesai menyusui. Demikian tips mengenai cara diet aman dan sehat untuk ibu hamil, semoga bermanfaat khususnya bagi yang hamil muda.

Judul: Cara Diet Sehat Saat Hamil
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 05.22