Selasa, 07 Mei 2013

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Wajib Diketahui



Alangkah senangnya jika kita dikaruniai buah hati. Segala sakit dan perih yang dirasakan saat melahirkan seakan sirna dengan suara tangisan bayi ini. Namun tentunya juga perlu diperhatikan bagaimana cara perawatan yang baik dan benar. Karena hal ini cukup penting mengingat bayi yang baru saja lahir sangat rentan terkena serangan virus karena belum mempunyai antibodi dan juga pertumbuhan sendi dan tulang belum begitu kuat.

Disini Cah Laweyan akan berbagi tips cara perawatan bayi baru lahir yang harus diketahui oleh setiap orang tua.

1. Tali Pusat, Biasanya tali pusar bayi baru akan pupus / putus dengan sendirinya di usia 7 hari sesudah kelahiran. Namun ada yang lebih dari itu. Usahakan untuk merawatnya dengan benar. Seperti: Biasanya pihak Bidan atau Rumah Sakit Bersalin akan memberikan semacam tissue untuk di ulirkan ke tali pusar pada saat sehabis mandi. Tapi ada juga yang hanya memberikan air matang dan menjaganya tetap terbuka.

2. Mata, karena bayi yang baru lahir belum memproduksi air mata, maka alangkah baiknya kita selalu memijat di area sudut mata guna menstimulasi agar kantung mata nantinya terbuka. Karena dengan adanya air mata maka akan membunuh berbagai kuman. Caranya: Pijat lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, selama 5-10 kali. Lakukan lebih kurang 2 minggu, karena setelah itu, umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan berfungsi.

3.  Kulit, Kulit bayi memang sangat peka terhadap suhu ruangan. Untuk itu atur suhu ruangan kamar anda agar bayi merasa nyaman dan tidak gerah. Jika ada AC atur suhunya secara tepat, tapi jika tidak punya jaga agar ventilasi udara mengalir dengan baik. Kemudian jika sesudah memandikan supaya diberikan baby oil yang mengandung pro vitamin B5 untuk merawat kesehatan kulit.

4. Kulit Kepala, seringkali bayi mempunyai kerak di kulit kepala. Untuk itu selalu bersihkan sesaat sebelum mandi pagi atau sore. Caranya dengan memakai baby oil dan cotton bud. Oleskan baby oil terlebih dahulu, diamkan kira-kira 5-10 menit kemudian angkat kerak menggunakan cotton buds. Hati-hati dalam mengoleskan cotton buds ke kepala si bayi jangan sampai ada goresan lebih lagi pendarahan.

5. Kuku, bayi yang baru lahir seringkali mengusap muka dan matanya menggunakan telapak tangannya. Untuk itu jaga agar kuku bayi tetap pendek. Jika dirasa perlu bisa menggunakan kaos tangan untuk meminimalisir terjadinya kontak antara jari dan kuku ke area wajah bayi.

Itulah lima tips cara merawat bayi yang baru lahir yang wajib anda ketahui sebagai seorang ibu. Semoga berguna.

Judul: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Wajib Diketahui
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 07.36