Jumat, 04 Januari 2013

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor



Di musim penghujan saat ini, seringkali terjadi kecelakaan baik itu sepeda motor, mobil maupun jenis kendaraan lainnya akibat kekurang hati-hati an si pengendara. Untuk itu CahLaweyan akan berbagi pengalaman dan tips aman berkendara sepeda motor khususnya di musim penghujan seperti awal tahun 2013 ini:



  1. Cek Kondisi Ban. Ban depan dan belakang seharusnya rutin di cek, apakah ulirnya masih atau bahkan sudah habis. Jika ban kelihatan botak atau rata, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.
  2. Masih seputar ban, cek tekanan angin. Khusus untuk musim penghujan, maka tekanan ban sedikit di kurangi agar lebih melekat ke permukaan tanah/aspal. Hal ini untuk mengantisipasi permukaan yang licin. Jika ban tekanannya keras, dikhawatirkan ban tidak menempel di permukaan secara maksimal.
  3. Untuk kelengkapan si pengendara, bisa dipersiapkan Mantel / jas hujan, Helm Full Face atau Half Face agar air hujan tidak langsung kena ke muka. Ada sedikit tips agar kaca helm tidak ber embun, yaitu dengan menyemprotkan shampoo atau mengoleskan tembakau di permukaan kaca.
  4. Selalu nyalakan lampu depan baik di siang atau malam hari di waktu musim penghujan. Hal ini untuk memberikan pandangan yang jelas bagi pengendara lain untuk waspada. 
  5. Cek juga spion agar di posisi yang sempurna untuk melihat ke belakang. Juga rem depan dan rem belakang, pastikan pakem dan jangan mengerem secara mendadak untuk menghindari slip.
  6. Berdoa.
Sebenarnya masih banyak hal penting lainnya agar aman saat kita berkendara sepeda motor di jalan saat hujan, mungkin di lain kesempatan kita bahas lagi ya sob. Sekian tips aman berkendara sepeda motor semoga membantu. Simak juga tips aman belanja online yang tadi sudah dibahas secara mendetail.

Judul: Tips Aman Berkendara Sepeda Motor
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 09.20