Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi



Batuk dan Pilek pada bayi sering terjadi pada usia 2-3 bulan pertama. Hal ini karena kekebalan tubuh si bayi belum begitu kuat, sehingga mudah terserang virus sejenis RNA (asam ribonukleat). Untuk itu, Cah Laweyan akan berbagi info dan tips mengenai cara pencegahan dan pengobatan batuk pilek pada bayi baru lahir beserta gejalanya.

Gejala yang tampak dari luar adalah, keluarnya cairan bening dari hidung si bayi disertai dengan batuk. Intensitas batuk kemudian sangat sering kadang disertai bersin-bersin. Umumnya, batuk pilek ini akan reda dengan sendirinya pada waktu 2-3 hari. Namun adakalanya sampai satu minggu belum juga reda, untuk ini perlu adanya tindakan lanjutan. Berikut cara mengatasinya:
  • Tetap berikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab, gerakan bayi mengisap payudara akan menutup saluran eustachius yang menghubungkan hidung dengan telinga. Kondisi ini akan memperkecil risiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan.
  • Jangan asal memberi obat antibiotik, karena sebenarnya batuk pilek disebabkan oleh virus. Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu apakah ada bakteri yang menginfeksi bayi Anda.
  • Beri obat penurun panas bila suhunya 38,5 derajat Celcius, untuk mencegah kejang.
  • Agar bayi bernapas lega, khususnya saat minum susu atau sebelum tidur, keluarkan cairan hidungnya dengan penguapan, menepuk-nepuk punggung bayi dalam posisi telungkup di paha Anda, atau disedot menggunakan alat penyedot lendir.
Untuk itu perlu diketahui bagi Bunda untuk rutin memberikan imunisasi secara teratur. Bisa lihat jadwal imunisasi bayi pada postingan kemarin. Selain itu, beri bayi vaksin influenza saat usianya 6 bulan. Ulangi setiap setahun sekali. Ibu perlu waspada bila bayi batuk pilek hingga kemampuan minum berkurang, atau tidak sembuh lebih dari seminggu. Segeralah bawa ke dokter.
Dari pengalaman Cah Laweyan sendiri, biasanya dokter akan memberikan obat jenis drop / tetes untuk si bayi dengan dosis yang disesuaikan oleh Dokter. Untuk itu jangan ragu untuk membawa ke Dokter anak jika dirasa batuk dan pilek tidak kunjung sembuh.


Judul: Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 23.18