Jumat, 15 Februari 2013

MC Untuk Prosesi Upacara Tingkepan



Prosesi Upacara Tingkepan. Kemarin Cah Laweyan sudah menyajikan MC acara pernikahan, maka kali ini akan kami sajikan pembawa acara atau MC pada acara Tingkepan yang sudah lama menjadi tradisi turun temurun khususnya di daerah Jawa. Acara Tingkepan ini sendiri adalah wujud rasa syukur karena seseorang sudah hamil dan baisanya diisi dengan pengajian dan doa baik untuk si Ibu maupun bayi yang dikandungnya agar selamat tidak ada halangan apapun.

Berikut teks pembawa acara Tingkepan:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bapak-bapak, ibu-ibu dan para undangan sekalian yang kami hormati, sudah selayaknya pada kesempatan ini kita bersama-sama mengucapkan syukur kepada Allah SWT, karena nikmat dan rahmatNya kita dapat menghadiri undangan bapak ...... sekeluarga, pada acara tingkepan saudari ...... yang kini telah hamil ...... bulan dan dalam beberapa bulan lagi atas seizin Allah akan dikaruniani anak.

Para Bapak, Ibu dan hadirin sekalian,
Perkenankan kami disini akan membacakan susunan acara:
Acara Pertama: Pembukaan, mari kita buka acara ini dengan basmalah, Bismillahi Rohmani Rohim.
Acara Kedua : Pembacaan ayat suci Al-Qur'an
Acara Ketiga : Sambutan Wakil Sohibul Hajat (tuan rumah)
Acara Keempat : Pengajian/Ceramah agama yang akan disampaikan oleh ....
Acara kelima : Penutup (doa)

Demikian susunan acara pada malam hari ini, untuk menyingkat waktu mari kita lanjutkan acara kedua yaitu: Pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang akan disampaikan oleh ... Kepadanya kami persilahkan.

Keterangan:
Setelah anda berbicara demikian maka anda harus meninggalkan podium yang kemudian digantikan oleh pembaca Al-Qur'an. Baru setelah petugas pembaca Al-Qur'an turun dari Podium, maka anda boleh pegang mikrophone kembali untuk melanjutkan acara.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan hadirin sekalian,
Demikianlah pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang telah dibawakan oleh ..... semoga yang membaca dan yang mendengarkan mendapat rahmat dari Allah SWT. Amin.
Acara ketiga adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari wakil tuan rumah yang akan disampaikan oleh ... kepadanya kami persilahkan.

Keterangan:
Anda harus turun dari podium atau mematikan mic anda, jika tersedia mic khusus buat anda. Lalu dengarkan sambutan wakil tuan rumah. Sebab ini penting artinya, untuk anda ulas sebagai kesimpulan.

Para hadirin sekalian,
Demikianlah sambutan dari bapak ... wakil tuan rumah yang intinya bapak shahibul hajah berterima kasih atas kehadiran bapak-ibu sekalian, dan minta maaf bila terdapat kekurangan dari tempat serta konsumsi yang kurang menyesuaikan selera bapak-ibu sekalian. Selanjutnya acara keempat yaitu acara inti yang akan diisi dengan pengajian agama. Dalam hal ini akan disampaikan oleh .... marilah kita dengarkan dengan penuh hidmat , agar apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, dunia dan akherat, kepada Al Ustadz/Kyai/Bapak ... kami persilahkan!

Keterangan:
Anda tinggalkan podium atau anda matikan mic anda kemudian anda ikut mendengarkan. Jika penceramah turun dari podium anda dapat mengulas dan menyimpulkan kembali. Ingat ! Jangan sekali-kali anda angkat bicara sedang penceramah belum sempat duduk di kursinya semula.

Para Bapak, Ibu dan Undangan sekalian
Hidup memang ibadah dan dunia ini hanya sementara. Ada kehidupan lagi sesudah kematian, yaitu kehidupan akherat. Dari uraian Bapak ... dapat kami simpulkan bahwa kehidupan dunia ini adalah bekal yalng akan kita nikmati diakherat nanti, maka sebaik-baik bekal adalah amalan-amalan yang bersifat self-fungsional makupun ritual yang berpedoman pada aturan Allah yakni Islam. Baiklah para hadirin, kini sampailah kita pada acara terakhir. Dengan demikian berakhirlah tugas kami sebagai pembawa acara. Selaku pembawa acara, kami minta maaf bila penyampaian kami ini kurang berkenan di hati.

Selanjutnya doa penutup yang akan dibawakan oleh ......
Akhirnya kami ucapkan "Wassalamu'alaikum Wr, Wb ...."

Cukup panjang memang MC untuk acara Tingkepan ini, tapi dengan tutur kata dan olah kata yang baik, maka acara akan sukses dan tidak ada kendala apapun. Semoga bermanfaat.

Judul: MC Untuk Prosesi Upacara Tingkepan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 06.43