Kamis, 20 Desember 2012

Berbagai Macam Paragraf dan Contohnya



Paragraf adalah sebuah susunan kalimat yang isinya menyampaikan topik atau gagasan yang di jelaskan oleh kalimat pendukung dan penutup. Biasanya di awal kalimat terdapat topik berita atau ide, kemudian diperkuat oleh kalimat pendukung dan terakhir ditutup dengan kalimat yang mengaitkan gagasan utama tadi, sehingga terjadi rangkaian kalimat yang sempurna.

Paragraf sendiri dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan jenis dan kalimat utamanya. Untuk paragraf yang berdasarkan jenisnya ada lima macam, yaitu: Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi dan Persuasi. Sedangkan berdasarkan kalimat utamanya ada Paragraf Deduktif dan Induktif.

Untuk contoh dari masing-masing paragraf yang telah disebutkan diatas, akan dibahas pada postingan selanjutnya biar lebih detail. Ada beberapa hal yang terpenting dalam penyusunan paragraf adalah adanya kesatuan dalam setiap kalimatnya, perpaduan antar paragraf juga harus diperhatikan. Selain itu, ketuntasan dari semua paragraf yang telah terangkai harus ada untuk menyimpulkan gagasan utama yang telah dibuat. Terakhir adalah keruntutan, untuk menghindarkan dari kebingungan pembaca.

Nah, semoga dengan mengetahui macam dan jenis paragraf kita bisa teliti dalam membuat suatu paragraf yang enak dibaca.

Judul: Berbagai Macam Paragraf dan Contohnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Posted by: Berita Terbaru Cah-Laweyan, Updated at: 07.17